Skip to main content

Cara Membedakan Per CVT Motor Matic Untuk Harian dan Keperluan Balapan

Mistertorak.com- Halo sobat torak SAMPURASUN...
Motor matic merupakan salah satu jenis motor yang saat ini paling banyak digandrungi oleh berbagai kalangan, mulai dari kalangan wanita, pria hingga remaja. Hal ini terbukti dengan banyaknya jumlah populasi motor matic diberbagai ruas jalanan perkotaan maupun daerah pedesaan. Alasan motor matic banyak dijadikan pilihan karena pada dasarnya penggunaan motor ini sangatlah simpel dan mudah digunakan, hanya tinggal gas dan rem tanpa perlu oper gigi apalagi menarik tuas kopling. Banyak pabrikan motor yang bersaing di segment ini karena memang pangsa pasarnya sangat menggiurkan, tak heran saat ini setiap pabrikan bisa memiliki lebih dari satu produk motor matic yang dilempar ke pasraan.

Baca juga: ECU motor bisa rusak hanya karena salah memilih busi !!!

Matic diawal kemunculannya hanya diperuntukan untuk kaum wanita, namun seiring berjalannya waktu motor matic banyak disukai juga oleh kaum laki laki. Nah jika sudah ditangan laki laki pasti langsung tercium aroma aroma modifikasi. Tidak sedikit pula performa motor matic ditingkatkan lewat jalan modofikasi, dari modifikasi berat seperti bore up mesin hingga modifikasi ringan seperti modifikasi CVT (Continuosly Variable Transmission).


CVT Motor Matic

APA ITU CVT ?
CVT adalah salah satu jenis transmisi otomatis (sistem penggerak) yang banyak digunakan pada kendaraan sepeda motor ataupun mobil, fungsinya sebagai penyalur tenaga  mesin dan penggerak roda. Transmisi jenis ini bekerja mengikuti putaran mesin sehingga pengendara hanya tinggal memuntir grip gas tanpa perlu memindah perseneling gigi, karena pergantian transmisinya otomatis mengikuti putaran mesin (RPM) dan kecepatan. Maka tak heran jika banyak modifikator yang memodifikasi area CVT guna menambah performa motor, salah satu part yang bisa diganti selain roller adalah per CVT aftermarket.
Per CVT berfungsi sebagai pengatur kerenggangan pulley sekunder atau sleeding shave secondary, prinsip kerjanya mirip seperti gear sproket pada kendaraan motor manual atau non matic. Dipasaran per CVT aftermarket terdiri dari berbagai ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan berbeda beda, ada yang dikhususkan untuk kebutuhan harian dan ada juga yang dikhususkan untuk keperluan balapan.

Bagaimana Cara Membedakannya ??
Rata rata per CVT aftermarket yang dijual diapasaran terdiri dari berbagai varian warna, ada yang berwarna kuning, putih, biru, ungu atau violet, dan merah. Warna tersebut bukanlah sembarang warna, melainkan bisa dibilang sebagai kode pembeda, karena setiap warna memiliki spesifikasi yang berbeda. Berikut penjelasannya :

  • Per CVT Putih memiliki tingkat kekerasan 800rpm 
  • Per CVT Biru memiliki tingkat kekerasan 1000rpm (ukuran standar original)
  • Per CVT Ungu memiliki tingkat kekerasan 1200rpm
  • Per CVT Kuning memiliki tingkat kekerasan 1500rpm
  • Per CVT Merah memiliki tingkat kekerasan 2000rpm
Per CVT Aftermarket

Semakin besar tingkat rpm nya maka semakin keras gaya pegas yang dihasilkan, dan semakin ampuh pula dalam mendongkrak akselerasi mortor, maka tak heran jika per cvt berwarna merah banyak dugunakan dimotor yang mesinnya sudah mendapat sentuhan modifikasi (motor balap). Namun sobat juga harus berhati hati dalam menentukan pilihan, karena jika memilih per dengan tingkat kekerasan yang tinggi bisa mengakibatkan drive belt cepat aus atau bahkan putus, hal ini disebabkan karena belt bekerja terlalu keras dalam menekan dan membuka driven pulley, lama kelamaan belt bisa terkikis karena suhu yang panas. Hal ini pula yang pernah MRT alami, karena negebet kepengen upgrade akselerasi dan kurangnya pengetahuan akan hal ini, MRT terhasud menggunakan per cvt racing  berwarna merah dengan label T*R. Karena CVT belum dimodifikasi dan masih standar pabrik, akibatnya driven belt cepat aus dan akhirnya putus, saat itu belum terlalu faham akan hal ini dan dengan polosnya malah membeli driven belt baru original. Namun sayang belt tersebut hanya bertahan kurang lebih satu bulan, karena jengkel, tanpa pikir panjang lagi langsung melengserkan belt racing tersebut dan menggantinya dengan belt standar bawaan motor. Mungkin akan lain lagi ceritanya jika part cvt juga ikut di upgrade, hal tersebut pasti tidak akan terjadi.

So...lebih cermatlah dalam pemilihan part part modifikasi, jangan sampai pengalaman MRT tadi kalian alami juga. Oke sekian dulu sob ulasan MRT kali ini semoga bisa bermanfaat bagi semua, akhir kata HATUR NUHUN.


Comments

  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    add pin bb 58ab14f5 || ditunggu ya^^

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan bijak dan sesuai dengan topik pembahasan

Popular posts from this blog

Modifikasi Cover Setang Honda PCX 150, Mirip Honda Forza !!!

Mistertorak.blogspot.com- Halo sobat torak SAMPURASUN... Honda PCX 150 merupakan maxiscooter premium 150CC andalan Honda, setelah produksinya dilokalkan dan dijual dengan angka yang cukup bersaing maka tak heran motor ini langsung menjadi salah satu primadona ditanah air. Mengusung desain gambot dengan minimnya lekukan memberikan kesan elegan pada motor ini. Selain itu, dengan disematkannya berbagai fitur terkini seperti lampu fuel LED dengan bentuk yang mewah, speedometer digital, smartkey system yang terintegrasi dengan alarm dan answer back, dan masih banyak lagi fitur fitur lainnya. Namun dibalik kelengkapan fiturnya tadi, ada salah satu hal yang dirasa kurang pas bagi sebagian orang tepatnya sektor setang kemudi alias handle bar.

Berbeda dengan maxiscooter pada umumnya, setang kemudi Honda PCX 150 tampil fulgar tanpa adanya cover penutup layaknya matic bongsor kebanyakan. Sebenarnya ini bukan suatu masalah besar karena masih banyak sebagian orang yang menyukai setang model telanja…

Modifikasi Headlamp Yamaha Nmax Dual Ken Eyes...Ganteng !!!

Mistertorak.blogspot.com- Halo sobat torak SAMPURASUN...
New Nmax facelift memang belum tergali secara gamblang karena menurut desas desus kabar yang beredar pihaka Yamaha saat ini masih pede dengan penjualan Current Nmax (2DP). Beberapa minggu kebelakang juga sempat heboh dengan sosok gambar yang diduga merupakan Nmax 155 facelift yang mengalami perubahan diarea headlamp dan stoplamp,  namun ternyata gambar tersebut bukanlah gambar nyata melainkan hasill olah digital atau lebih jelasnya gambar editan. Nah kali ini MRT juga sedikit dikejutkan dengan penampakan headlamp Nmax dual ken eyes, namun kali ini foto yang beredar merupakan hasil modifikasi bukan rekayasa olah digital, jadi bisa dipastikan keasliannya.
Yamaha Nmax 155 modifikasi ini sebearnya tidak hanya merubah area headlampnya saja, namun kali ini kita akan fokus untuk membahas sektor headlamp yang berubah menjadi dual ke eyes layaknya Yamaha X-max. Modifikasi ini merupakan hasil garapan @Lent_automodified yang bermarkas di Jl…

Sekilas Tentang Gear SSS It's Racing

Mistertorak.blogspot.com-Halo sobat torak SAMPURASUN....
Sesuai judul diatas kali ini kita akan sedikit mengulas tentang gearset produk negeri jiran, yup apalagi kalo bukan triple S. Gearset merk ini memang sangat populer dikalangan para bikers tanah air, selain memang harganya yang masih terjangkau plus dengan kualitas yang memang jempolan, ditambah dengan bentuk lubang nyentrik dan warna yang menarik membuat brand ini banyak diburu dipasaran.
Apalagi nih sob brand ini banyak ikut andil dalam berbagai kejuaraan balap ditanah air seperti road race, drag race dan motocross, so udah ketahuan lah gimana sih quality dan durbality dari produk ini. Nah setau MRT nih ya gear produk Malaysia ini ada dua jenis warna yakni chrome dan gold, lalu bedanya apa ?
pertama kita bahas dulu yang chrome sob, nah kebetulan gear ini juga yang di gunakan di sizuka smash milik MRT. Dan kebuktian memang awet sob sudah hampir 2,5tahun lebih belum ada indikasi minta ganti dan dari sekilas pandang memang masih …