Skip to main content

Motor Trail Suzuki Terbongkar, DR 150 berbasis Haojue NK 150 ???


Mistertorak.blogspot.com-Halo sobat torak SAMPURASUN...
Motor trail di Indonesia kini tengah menjadi topic perbincangan hangat dikalangan para pecinta otomotif roda dua, semua bermula ketika pabrikan sayap mengepak secara resmi memperkenalkan jagoan barunya yakni Honda CRF 150 guna mengusik kedigdayaan Kawasaki KLX yang memang sudah lama terjun dikelas ini. Dilain pihak ternyata pabrikan garputala dan Suzukipun berniat untuk ikut andil meramaikan pangsa pasar kelas motor penggaruk tanah, hal ini dibuktikan dengan beredarnya spshot produk dari masing masing pabrikan. Seperti yang pernah MRT kupas di artikel sebelumnya tentang Spyshot Motor Trail Yamaha (klik disini), berbeda dengan project trail yamaha yang masih abu abu, justru sekarang teka teki motor trail suzuki yang digosipkan mengusung nama DR 150 mulai menemukan titik terang.


Spyshot motor trail Suzuki yang pernah di unggah oleh Iwanbanaran.com, memeberikan beberapa gambaran tentang seperti apa design dari motor ini. Dan setelah ditelisik lebih jauh bisa ditarik kesimpulan ternyata motor ini akan mengambil basis dari Haojue NK 150 yang memang merupakan mitra usaha PT. SIS dari negeri tirai bambu. Kesimpulan ini diambil berdasarkan kemiripan yang sangat identik antara NK 150 dengan spyshot yang beredar, namun jika dilihat lagi secara seksama design dari NK ini sepertinya tidak mengarah ke genre motor cross tulen melainkan motor adventure dual purpose layaknya Versys dan Africa Twin. Bisa dilihat dari ukuran diameter velg yang digunakan dimana untuk bagian depan berukuran 19 inch dan belakang mengguanakan velg berukuran 17 inch. Tak lupa jenis ban pun tidak mengguanakan ban yang diperuntukan off road (ban tahu) melainkan ban jenis dual purpose. Lalu untuk dimensinya pun cukup lebar, tidak ramping sebagaimana motor cross pada umumnya. Sepertinya kali ini pihak Suzuki tidak ingin mengekor pabrikan lain melainkan berniat membuka kelas baru (blue ocean), motor ini bisa diposisikan sebagai versi mini dari Suzuki V-storm 250. Hal ini terlihat dari adanya braket berbahan alumunium dibagian bekalang yang diperuntukan sebagai dudukan bagasi box sebagaimana yang biasa digunakan pada motor bergenre adventure dual purpose.

 Ukuran velg dan ban depan 90/90-19

Ukuran velg dan ban belakang 110/90-17

Braket bagasi box berbahan alumunium

Haojue NK 150 menggendong mesin 150CC dengan pengabut bahan bakar injeksi berpendingin udara, sebenarnya disektor mesin rasnaya tidak ada masalah untuk market Indonesia. Namun yang menjadi kekurangan motor ini adalah fiturnya yang sangat minim, dimana motor ini belum mengguanakan rem jenis cakram dibagain belakang, dan jika saja pabrikan Suzuki sudi menjejali motor ini dengan fork jenis upside down mungkin akan lain lagi ceritanya. Untuk area dashboard motor ini sudah mumpuni dimana untuk speedometernya sudah menggunakan jenis fuel digital. Lalu Jika bicara soal design  MRT tidak mau membahasnya terlalu jauh sebab sektor ini mengacu pada selera masing masing, untuk penilaian pribadi secara keseluruhan motor ini bisa dibilang cukup bagus, hanya saja bagain hdesignnya terlihat agak aneh untuk motor bergenre adventure dual purpose (kurang garang). Ya semoga saja ini bisa menjadi masukan untuk para petinggi suzuki, dan mudah mudahan juga semua kekurangan yang dibilang tadi bisa direvisi terlebih dahulu sebelum benar benar dilempar ke pasaran.

Mesin injeksi 150CC

Rem masih jenis tromol

Fork suspensi depan masih berjenis teleskopik

Headlamp mirip Honda Verza lama

Speedometer fuel digital

Suzuki DR 150 adalah nama yang digadang gadangkan akan dugunakan oleh PT. SIS untuk motor NK 150 ini, dan sepertinya motor ini juga akan didatangkan secara CBU dari Cina sepeti halnya Suzuki Inazuma dan V-storm 250. Semoga saja nantinya para petinggi Suzuki dapat bijak dalam menetukan harga, karena selama ini motor CBU identik dengan harganya yang mahal.

So...sepertinya Suzuki DR 150 bukan dipersiapkan untuk ikut berkompetisi melawan Kawasaki KLX dan Honda CRF, melainkan dipersiapkan untuk membuka kelas baru yakni adventure sport dual porpose 150. Lalu bearapa estimasi harga yang pas dari motor ini ? Berdasarakan nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) nya yang sudah bocor di media sosial, disana tercatat harga jual motor ini diangka 23juta, dengan harga tersebut maka bisa diperkirakan selisih harga OTR (On The Road) yang didapat biasanya jadi lebih mahal sekitar 5 hingga 7juta dari NJKBnya.
Jadi menurut sobat kira kira apakah motor ini akan cocok untuk pasar indonesia ???
Sekian dulu ulasan kita kali ini semoga artikel MRT bisa bermanfaat, akhir kata Hatur nuhuuun.















Comments


  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan bijak dan sesuai dengan topik pembahasan

Popular posts from this blog

Modifikasi Cover Setang Honda PCX 150, Mirip Honda Forza !!!

Mistertorak.blogspot.com- Halo sobat torak SAMPURASUN... Honda PCX 150 merupakan maxiscooter premium 150CC andalan Honda, setelah produksinya dilokalkan dan dijual dengan angka yang cukup bersaing maka tak heran motor ini langsung menjadi salah satu primadona ditanah air. Mengusung desain gambot dengan minimnya lekukan memberikan kesan elegan pada motor ini. Selain itu, dengan disematkannya berbagai fitur terkini seperti lampu fuel LED dengan bentuk yang mewah, speedometer digital, smartkey system yang terintegrasi dengan alarm dan answer back, dan masih banyak lagi fitur fitur lainnya. Namun dibalik kelengkapan fiturnya tadi, ada salah satu hal yang dirasa kurang pas bagi sebagian orang tepatnya sektor setang kemudi alias handle bar.

Berbeda dengan maxiscooter pada umumnya, setang kemudi Honda PCX 150 tampil fulgar tanpa adanya cover penutup layaknya matic bongsor kebanyakan. Sebenarnya ini bukan suatu masalah besar karena masih banyak sebagian orang yang menyukai setang model telanja…

Modifikasi Headlamp Yamaha Nmax Dual Ken Eyes...Ganteng !!!

Mistertorak.blogspot.com- Halo sobat torak SAMPURASUN...
New Nmax facelift memang belum tergali secara gamblang karena menurut desas desus kabar yang beredar pihaka Yamaha saat ini masih pede dengan penjualan Current Nmax (2DP). Beberapa minggu kebelakang juga sempat heboh dengan sosok gambar yang diduga merupakan Nmax 155 facelift yang mengalami perubahan diarea headlamp dan stoplamp,  namun ternyata gambar tersebut bukanlah gambar nyata melainkan hasill olah digital atau lebih jelasnya gambar editan. Nah kali ini MRT juga sedikit dikejutkan dengan penampakan headlamp Nmax dual ken eyes, namun kali ini foto yang beredar merupakan hasil modifikasi bukan rekayasa olah digital, jadi bisa dipastikan keasliannya.
Yamaha Nmax 155 modifikasi ini sebearnya tidak hanya merubah area headlampnya saja, namun kali ini kita akan fokus untuk membahas sektor headlamp yang berubah menjadi dual ke eyes layaknya Yamaha X-max. Modifikasi ini merupakan hasil garapan @Lent_automodified yang bermarkas di Jl…

Sekilas Tentang Gear SSS It's Racing

Mistertorak.blogspot.com-Halo sobat torak SAMPURASUN....
Sesuai judul diatas kali ini kita akan sedikit mengulas tentang gearset produk negeri jiran, yup apalagi kalo bukan triple S. Gearset merk ini memang sangat populer dikalangan para bikers tanah air, selain memang harganya yang masih terjangkau plus dengan kualitas yang memang jempolan, ditambah dengan bentuk lubang nyentrik dan warna yang menarik membuat brand ini banyak diburu dipasaran.
Apalagi nih sob brand ini banyak ikut andil dalam berbagai kejuaraan balap ditanah air seperti road race, drag race dan motocross, so udah ketahuan lah gimana sih quality dan durbality dari produk ini. Nah setau MRT nih ya gear produk Malaysia ini ada dua jenis warna yakni chrome dan gold, lalu bedanya apa ?
pertama kita bahas dulu yang chrome sob, nah kebetulan gear ini juga yang di gunakan di sizuka smash milik MRT. Dan kebuktian memang awet sob sudah hampir 2,5tahun lebih belum ada indikasi minta ganti dan dari sekilas pandang memang masih …