Skip to main content

Komparasi Yamaha R15V3 VS CBR150R VS GSXR150 Mana yang Lebih Unggul !!!



Mistertorak.blogspot.com- Halo sobat torak SAMPURASUN...
Belakangan ini geliat motor sport fairing kelas 150CC makin menjadi jadi sob, setiap pabrikan berlomba lomba menyuguhkan produk terbaiknya ke para konsumen tanah air, kita sebut saja ada Yamaha dengan R15V3, Suzuki dengan GSXR-150nya dan tidak ketinggalan pemain lama dikelas ini yakni Honda dengan CBR150Rnya. Nah imbas dari persaingan ini adalah seringnya para konsumen dibuat bingung untuk menentukan pilihan, dan itu pula yang sekarang sedang dirasakan oleh kawan MRT, doi sampe galau dan minta solusi buat nentuin motor apa yang sesuai karena setiap produk dari pabrikan memang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing masing, dan pengalaman inilah yang akan MRT share ke sobat torak sekalian. Barangkali ada yang bingung juga dan mudah mudahan bisa jadi solusi buat nentuin pilihan, kali ini MRT tidak akan ngomongin soal design, karena sektor tersebut mengacu soal selera dan gak bisa dipaksa, maka dari itu MRT akan mencoba mengkomparasikan harga, engine dan fitur yang didapat, okelah dari pada panjang lebar langsung aja kita ulas bareng bareng.
1. SUZUKI GSX-R150
Kita mulai dari pabrikan berlogo S dulu sob, motor ini dibagi dalam tiga kelas atau kasta diantaranya versi shuttered key yang merupakan versi termurah, lalu ada versi keyles, dan versi ABS (Antilock Brake System) yang merupakan versi termahal dari GSXR-150.
Dengan merogoh kocek sebesar 29,1 juta rupiah kita sudah bisa memboyong GSXR-150 shuttered key dengan dua opsi warna standar yakni stronger red dan solid black, fitur yang kita dapat berupa LED headlamp (hanya headlamp), discbrake model wave (bergelombang), speedometer fuel digital, ESS (Easy Start System) yang diklaim Suzuki sekali tekan tombol satrter mesin bakal langsung nyala “KATANYA”, system keamanan kunci shuttered key (standar), dan engine yang powefuell.

Sebenernya sih fitur yang disuguhkan gak terlalu spesial, maksudnya fitur ini sudah lumrah digunakan oleh berbagai jenis motor yang sudah berlalu lalang dan bisa dikatakan fitur ini adalah standar untuk berjualan di indonesia karena konsumen tanah air yaaa memang seleranya agak tinggi.
Lalu jika kita menambah budget sebesar 1juta kita akan mendapatkan fitur lebih yang tidak dimiliki oleh para pesaingnya dan opsi warna yang berbeda karena dikelas ini list atau liverynya ngiblat ke motogp sob, dengan ciri khas tulisan SUZUKI pada sekujur body. Opsi warnanya antara lain stronger red, titan black (velg berwarna merah) , briliant white (velg berwarna biru) dan tritone blue ( livery motogp yang digunakan oleh alex rins), lalu fitur lebihnya berupa keyless system yaitu kunci kontak berupa knob, menurut sepengatuhuan MRT sampai artikel ini dibuat kunci kontak jenis ini belum mampu dibobol oleh para pelaku kriminal curanmor, mantep kan ?.
Dan jikalau kita sudi menambah lagi budget sebesar 3juta kita akan mendapatkan fitur piranti keamanan ABS sob, sayangnya fitur ini hanya disematkan pada varian warna briliant white saja sob.



Bicara soal engine motor ini menggendong mesin 150CC DOHC-4Valve berpendingin cairan 6 percepatan, torsi dan power maksimum yang diklaim oleh pabrikan sebesar 14,0 NM pada 9000RPM dan powernya diangka 14,1 KW atau setara 18,9 horse power pada kitiran 10.5000RPM, lanjut ke pesaingnya dari pabrikan sayap mengepak.
2. HONDA All New CBR-150R
Bicara soal harga motor ini memiliki banyak varian harga sob, gak tanggung tanggung pihak AHM mematok harga hingga 6 varian. Dimulai dari versi standar yang merupakan versi termurah, versi ini dipatok pihak Honda diangka 33,8 juta dengan opsi pilihan warna matte black dan victory black red. Motor ini dibekali cukup banyak fitur diantaranya fuel LED lamp (headlamp, stoplamp dan lampu sign),selain itu ada speedometer digital yang bentuknya sangat futuristik, discbrake model wave, dan preload adjustable suspension (fork suspensi depan dan monoshock bisa disetel tingkat kekerasannya hingga lima tingkat) dan piranti keamanan kunci berupa tutup  magnet seperti motor pada umumnya.

 Lalu jika kita menambah budget sebesar 700rb rupiah kita akan mendapatkan varian warna racing red (livery AHRT) dan jikalau kita mau merogoh kembali kocek sebesar 200ribu kita bisa mendapatkan varian livery repsol (livery motogp), dengan penambahan budget tersebut kita tidak mendapat fitur tambahan layaknya suzuki, kita hanya disuguhkan warna livery balap saja, padahal gap harganya cukup lumayan yaa.
Lalu untuk mendapatkan versi ABS kita harus merogoh kocek sebesar 37,8 juta untuk varian warna standar, 38,5 juta untuk ABS versi racing red dan 38,7 juta untu versi ABS livery repsol motogp, jadi versi standar dan versi livery terpaut harga hingga 700-900 ribuan, sedangkan gap harga untuk versi ABS dan versi standar+livery mencapai 4juta rupiah sob, selain mendapatkan fitur ABS, dengan budget yang sudah di sebutkan tadi kita juga mendapat fitur ESS (Emergency Stop Signal) yaitu fitur yang berfungsi memberikan peringatan kepada pengendara belakang dikala kita melakukan pengereman dadakan, jadi gini sob disaat kita sedang memacu motor dengan kecepatan tinggi dan melakukan hard braking maka lampu sign akan menyala secara bersamaan seperti lampu hazard, tapi dengan tempo yang cepat dan hanya beberapa detik saja sob, istilahnya sih ngasih sinyal peringatan ke pengendara yang dibelakang kalau kita ngerem ngedadak supaya terhindar dari tabrakan dari belakang.

Selanjutnya turun ke sektor mesin, CBR-150R ditenagai oleh mesin 150CC DOHC 4-Valve bependingin cairan with auto fan dengan 6percepatan, power dan torsi maksimum yang dihasilkan mencapai 12,6kw atau setara 16,9 horse power pada kitiran 9000RPM, dan torsi maksimumnya berada diangka 13,7NM di 7000RPM, sekarang kita menyebrang ke pabrikan garputala.
3. YAMAHA R15-V3
Nah kalo ngomongin fitur R15-V3 ini bisa dibilang motor yang paling kaya fitur dikelasnya, mulai dari hedalamp dan stoplamp LED, lampu hazard, speedometer digital, VVA (Variable Valves Actuation) yang dikalim Yamaha mampu menjaga power dan torsi disetiap putaran mesin jadi merata, lalu ada forged piston dan diasil cylinder yang katanya 3kali lebih awet, lebih kuat dan lebih ringan dari versi sebelumnya, dan juga yamaha menyelipkan teknoligi assist dan slipper clutch yang dklaim pula oleh yamaha membuat kopling lebih ringan, perpindahan gigi lebih halus dan membuat akselerasi lebih cepat. Selain itu ada juga frame deltabox, swing arm banana aluminium dan suspensi USD alias Upside Down. Untuk piranti keamanan kunci motor ini masih menggunakan magnet biasa, alias belum keyless.

Motor ini dibanderol dengan harga 35,3 juta untuk versi standar dengan tiga opsi warna diantaranya racing blue, racing black dan racing yellow, dan jika kita menginginkan R15 livery movistar motogp kita harus menambah budget sebesar 600ribu rupiah sob.

Disektor mesin motor ini dibekali mesin 155CC SOHC 4Valve with VVA, berpendingin cairan 6 percepatan, bicara soal power dan torsi motor ini bisa dibilang adalah yang paling powerfull diantara kompetitornya berkat kubikasi yang lebih besar, alhasil motor ini mampu menyemburkan power sebesar 14,2 KW (setara 19 Horse Power) dikitiran 10.000 RPM dan torsi maksimum yang dicapai sebesar 14,7 NM di 8.500RPM.
Sampai disini kita tarik kesimpulan sob, jadi kalo di segmen low budget alias murah GSX lah pemenangnya, bahkan versi ABS-nya saja yang merupakan versi tertingginya masih lebih murah dari versi standarnya CBR dan R15, nah gimana soal performa mesin ? Disini Engine racikan Yamaha yang unggul dengan power mencapai 19HP, disusul GSX dengan gap yang sangat tipis yakni diangka 18,9HP, dan yang terakhir ada CBR dengan power maksimum 16,9HP. Lalu kalo ngomongin soal fitur disini Yamaha kembali unggul berkat segudang fitur yang disematkan pada motor ini.
Intinya sih kalo beli motor itu sesuaikan dengan kebutuhan, keinginan dan budget tentunya. Kalau sobat nyari motor MURAH ada Suzuki GSXR yang bisa jadi pilihan, kalo sobat pengen motor dengan engine POWERFULL bisa pilih R15, yaa walaupun beda tipis banget dengan GSX, lalu kalau sobat nyari motor dengan FITUR KEAMANAN yang mumpuni ada GSX lagi (ABS+Keyless) yang bisa jadi pilihan, dan kalau sobat pengen motor FULLFITUR ada R15 lagi yang bisa sobat pilih, garis besar dari tulisan ini adalah kembali lagi ke kata SESUAIKAN.
Gimana sob, udah jelas kan..? Jadi gak usah bingung lagi yaa udah MRT jabarin panjang lebar.
So... segitu dulu ya sob ulasana kita kali ini, semoga bisa membantu dan menjadi solusi kebingungan sobat torak sekalian, Mr. Torak pamit akhir kata Hatur Nuhun...

Comments

  1. Suzuki lebih keren kayaknya Gan. Hehehehe

    KONSEP REJEKI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung selera mas broo, tiap produk ada nilai plus minusnya

      Delete
    2. Kalau dari tampilan dan modelnya, suzuki lebih sangar dan meyakinkan Gan. Terima kasih

      Delete

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan bijak dan sesuai dengan topik pembahasan

Popular posts from this blog

Modifikasi Cover Setang Honda PCX 150, Mirip Honda Forza !!!

Mistertorak.blogspot.com- Halo sobat torak SAMPURASUN... Honda PCX 150 merupakan maxiscooter premium 150CC andalan Honda, setelah produksinya dilokalkan dan dijual dengan angka yang cukup bersaing maka tak heran motor ini langsung menjadi salah satu primadona ditanah air. Mengusung desain gambot dengan minimnya lekukan memberikan kesan elegan pada motor ini. Selain itu, dengan disematkannya berbagai fitur terkini seperti lampu fuel LED dengan bentuk yang mewah, speedometer digital, smartkey system yang terintegrasi dengan alarm dan answer back, dan masih banyak lagi fitur fitur lainnya. Namun dibalik kelengkapan fiturnya tadi, ada salah satu hal yang dirasa kurang pas bagi sebagian orang tepatnya sektor setang kemudi alias handle bar.

Berbeda dengan maxiscooter pada umumnya, setang kemudi Honda PCX 150 tampil fulgar tanpa adanya cover penutup layaknya matic bongsor kebanyakan. Sebenarnya ini bukan suatu masalah besar karena masih banyak sebagian orang yang menyukai setang model telanja…

Sekilas Tentang Gear SSS It's Racing

Mistertorak.blogspot.com-Halo sobat torak SAMPURASUN....
Sesuai judul diatas kali ini kita akan sedikit mengulas tentang gearset produk negeri jiran, yup apalagi kalo bukan triple S. Gearset merk ini memang sangat populer dikalangan para bikers tanah air, selain memang harganya yang masih terjangkau plus dengan kualitas yang memang jempolan, ditambah dengan bentuk lubang nyentrik dan warna yang menarik membuat brand ini banyak diburu dipasaran.
Apalagi nih sob brand ini banyak ikut andil dalam berbagai kejuaraan balap ditanah air seperti road race, drag race dan motocross, so udah ketahuan lah gimana sih quality dan durbality dari produk ini. Nah setau MRT nih ya gear produk Malaysia ini ada dua jenis warna yakni chrome dan gold, lalu bedanya apa ?
pertama kita bahas dulu yang chrome sob, nah kebetulan gear ini juga yang di gunakan di sizuka smash milik MRT. Dan kebuktian memang awet sob sudah hampir 2,5tahun lebih belum ada indikasi minta ganti dan dari sekilas pandang memang masih …

Modifikasi Headlamp Yamaha Nmax Dual Ken Eyes...Ganteng !!!

Mistertorak.blogspot.com- Halo sobat torak SAMPURASUN...
New Nmax facelift memang belum tergali secara gamblang karena menurut desas desus kabar yang beredar pihaka Yamaha saat ini masih pede dengan penjualan Current Nmax (2DP). Beberapa minggu kebelakang juga sempat heboh dengan sosok gambar yang diduga merupakan Nmax 155 facelift yang mengalami perubahan diarea headlamp dan stoplamp,  namun ternyata gambar tersebut bukanlah gambar nyata melainkan hasill olah digital atau lebih jelasnya gambar editan. Nah kali ini MRT juga sedikit dikejutkan dengan penampakan headlamp Nmax dual ken eyes, namun kali ini foto yang beredar merupakan hasil modifikasi bukan rekayasa olah digital, jadi bisa dipastikan keasliannya.
Yamaha Nmax 155 modifikasi ini sebearnya tidak hanya merubah area headlampnya saja, namun kali ini kita akan fokus untuk membahas sektor headlamp yang berubah menjadi dual ke eyes layaknya Yamaha X-max. Modifikasi ini merupakan hasil garapan @Lent_automodified yang bermarkas di Jl…